Gunakan h1 Untuk Title Post (Judul Artikel) Anda

Menggunakan h1 pada title post atau judul postingan merupakan teknik SEO On Page yang bisa kita gunakan untuk mengoptimasi blog atau situs kita agar lebih SEO Friendly (Search Engine Optimization Friendly) yang tujuannya sudah pasti agar blog/situs kita bisa masuk ke halaman pencarian Google yang pertama atau dalam istilah keren nya masuk 10 besar Google :-)

Trik Optimasi Blog menggunakan tag h1 title post (judul posting) ini bukanlah hal yang baru, walaupun ini bukan sesuatu yang baru namun tidak semua orang mengetahui trik optimasi blog yang satu ini, karena cara ini cukup susah di lakukan dan harus memiliki ke ahlian khusus (Cieeh sok tau) :-)

Selain tidak banyak yang tahu cara ini juga tidak wajib di lakukan karena walaupun kita tidak menggunakan tag h1 pada title post blog atau situs kita mungkin saja masuk 10 besar Google, asalkan rajin optimasi off page saja (SEO Off Page menurut saya sangat susah, karena kita harus rajin dan konsisten optimasi nya, dan jujur saya hampir tidak pernah menjalankannya, sangat jarang).

Okey lanjut...

Lalu bagaimana cara optimasi menggunakan tag h1 pada title post?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa untuk optimasi blog/situs menggunakan cara ini kita harus memiliki keahlian khusus (setidaknya sedikit, atau ada panduannya).

Untuk optimasi menggunakan cara ini maka yang harus kita lakukan adalah mengedit template/themes yang kita gunakan untuk blog/situs kita tadi, dan setiap blog/website memiliki bahasa template yang berbeda-beda. Blog wordpress berbeda dengan blogger bahasa template, dst.

tag h1 title post

Untuk website berbasis web html juga berbeda dengan wordpress dan blogger, namun kalau di bandingkan mana yang paling mudah untuk pemula menurut saya hampir sama saja, yang perlu kita tahu adalah cara bagaimana mengedit template tersebut.

Secara umum semua template baik itu template website ataupun blog sudah memiliki fungsi tag h1 ini, namun sayangnya tag h1 tersebut hanya di tanamkan pada judul blog/situs saja, sehingga di semua halaman blog/situs kita tag h1 berada di judul blog/situs.

Oh ia...

Pada artikel kali ini saya sengaja tidak menuliskan cara modifikasi template agar ada tag h1 nya pada judul posting karena saya sengaja ingin membahasnya secara global saja, untuk cara memasukkan tag h1 pada template mungkin nanti akan saya tulis pada artikel khusus, namun mungkin saya akan membahas untuk blog wordpress saja, untuk blog blogger akan saya bahas di http://blog.ahmadrifai.net (tapi nanti juga)  :-)

Update 4 September 2010

Untuk mengetahui bagaimana cara pasang tag h1 pada single post wordpress silakan baca Cara Optimasi Single Post Title Pada Blog WordPress

8 comments:

  1. Tapi mas, kalo judul blog dan judul postingan h1 itu boleh ga? atau akan berdampak buruk pada index google? Mohon dijawab mas..

    ReplyDelete
  2. itu malah bagus bos namun sebaiknya gunakan tag h1 tersebut pada single post saja, dan sebaiknya judul blog nya jangan menggunakan tag h1 pada single post.
    Rata-rata themes wordpress sekarang sudah menerapkan konsep ini, namun sayangnya judul blog tetap pakai h1, jadi bisa-bisa kita saja memodifikasi template yang kita gunakan.

    ReplyDelete
  3. Tapi mas coba mas liat blog saya nih alamatnya: http://symbiantechnology.blogspot.com/. Lalu pas di homepage judulnya kan besar tulisannya, tetapi ketika ada orang yang meng-klik atau membaca postingan malah jadi kecil judul blog saya. Itu kira-kira kenapa ya?

    ReplyDelete
  4. @pratama : itu karena css templatenya belum di edit, agar terlihat sama dengan di home page maka mas harus edit css nya juga.

    ReplyDelete
  5. Tapi ketika saya melihat tutorial yang saya ikuti, ada kode css yang tidak ada dalam templates saya, jadi saya hanya mengikuti sebagian. Nah jadi itu gimana?

    ReplyDelete
  6. @pratama : kode CSS itu bisa kita buat sendiri mas, memang setiap template itu beda, dan tutorial yang di tulis itu kebanyakan nya hanya sebagai contoh saja, jadi kode CSS nya tidak mesti sama.

    ReplyDelete
  7. cara yang paling mudah gmn ya bung?

    ReplyDelete
  8. makasih gan infonya..

    saya coba yah ..

    ReplyDelete