Cara Login Ke Cpanel (Kontrol Panel) Hosting

Bagaimana Cara Login Ke cPanel Hosting (Kontrol Panel Hosting) kita?

Hari ini saya ingin menuliskan tutorial cara login ke cPanel web hosting (Kontrol Panel Web Hosting).

Mungkin artikel ini tidak di butuhkan lagi bagi mereka yang sudah faham tentang web hosting, karena tutorila ini terlalu biasa banget, tapi saya rasa tidak ada salahnya di tulis, karena saya yakin tidak semua orang tahu bagaimana cara login ke cPanel (kontrol Panel) Hosting.

Saya jadi teringat waktu pertama kali saya ingin belajar membuat blog wordpress, waktu itu saya sedang mencari tutorial tentang cara membuat blog wordpress, akhirnya saya pinjam buku tentang cara membuat blog wordpress kepada teman saya yang kebetulan punya buku tentang wordpress dan cara membuat blog wordpress, tapi sayangnya teman saya yang punya buku tersebut ternyata ga ngerti juga sama isi buku tersebut dan akhirnya saya coba fahami sendiri buku tersebut.

Di dalam buku panduan install wordpress tersebut di tuliskan bahwa kita bisa install blog wordpress hanya dengan beberapa langkah saja, dan kerjaannya cuma ngeklik menu-menu tertentu saja, dan yang pertama harus saya lakukan adalah login ke cPanel.

Saya bingung, apa itu cPanel...

Saya kira cPanel yang ada di komputer, saya cari-cari menu yang di tuliskan di situs ga nemu :-)

Ok, kita cukupkan saja ceritanya, mari kita lanjut ke topik yaitu Bagaimana Cara Login ke cPanel Hosting (Kontrol Panel Hosting)

Untuk mengatur hosting dan mengupload data website kita ke web hosting maka kita harus login dulu ke cPanel, untuk login ke cPanel Hosting silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Pertama

Silahkan kunjungi dulu cPanel hosting anda dengan mengetikkan alamat http://domainanda.com/cpanel

Jika yang anda lakukan benar, maka anda akan menemui halaman seperti ini

Cara Login Ke Cpanel (Kontrol Panel) Hosting

Langkah Kedua

Stelah anda menemukan halaman seperti gambar di atas, silahkan masukkan user name dan password di sana, kemudian login.

Jika user name dan password anda benar maka seharusnya anda akan di bawa ke admin area cPanel Hosting anda.

Setelah login apa yang harus saya lakukan?...

Setelah anda berhasil login ke cPanel, maka anda bisa untuk mengupload data website anda ke public_html, anda juga bisa menginstal script website yang anda inginkan seperti wordpress, dsb.

Untuk panduan cara upload data ke hosting akan saya tuliskan di lain waktu.

6 comments:

  1. mas,saya masih newbie,mohon pencerahannya ya...
    kl pakai hosting gratis (oowebhost.com)dengan domain gratis kok nggak bisa masuk cpanel mas??
    kl bisa balas di blog saya ya mas,trimakasih...

    ReplyDelete
  2. 000WebHsot juga ada cPanel nya mas, cuma cPanel nya sudah di modifikasi jadi kelihatannya agak berbeda, selain itu login nya juga melalui situs 000WebHost

    ReplyDelete
  3. saya mau tanya,,kenapa saya ga bisa masuk cpanel,,saya pake wordpress gratis,, bagaimana cara masuk cpanel menggunakan wordpress gratis??makasih

    ReplyDelete
  4. @ria89fatarisaka untuk pengguna wordpress gratis kita tidak bisa login ke cPanel

    ReplyDelete
  5. mas, bingung... tiap kali masuk ke http://domainsaya.com/cpanel nanti directnya malah ke www.domainsaya/com/cpanel dan akibatnya ada tulisan "page not found" gimana ya?

    ReplyDelete
  6. @hendraveejay coba tanya ke penyedia hosting tempat mas beli, saya yakin mereka bisa membantu

    ReplyDelete