Plugin Wordpress Yang Perlu Di Install

Sebelum saya menuliskan beberapa plugin wordpress yang perlu di install saya ingin anda tahu bahwa yang namanya plugin itu tidak wajib untuk di install.

Tujuan kita menginstall plugin adalah untuk mempermudah kita dalam mengoptimasi blog wordpress kita dalam hal seo, mempercantik blog, dsb. Jadi walaupun plugin SEO sudah kita install di blog wordpress kita itu bukan jaminan blog kita bisa menduduki halaman pertama Google dan mendatangkan trafik banyak.

Ok, mari kita mulai.

Berikut beberapa plugin yang perlu di install di blog wordpress kita.

Plugin SEO On Page (Untuk Optimasi Blog)


SEO merupakan hal yang penting untuk meningkatkan trafik (memperbanyak kunjungan) ke blog wordpress kita, tujuan kita mengoptimasi blog dengan SEO adalah agar artikel yang ada di dalam blog kita lebih cepat ter index di search engine dan bisa masuk di halaman pertama search engine seperti Google.

Nah, salah satu cara termudah untuk mengoptimasi blog wordpress kita dalam hal SEO On Page adalah dengan cara menginstall plugin SEO.

Berikut beberapa Plugin SEO yang perlu kita install:

Plugin untuk mengoptimasi title dan menambahkan meta tag deskripsi dan keyword pada home, posting, dan page blog wordpress

  1. All In One SEO Pack

  2. Platinum SEO Plugin
Kedua plugin di atas memiliki fungsi yang sama, perbedaanya hanya pada fitur yang ada di plugin tersebut. Anda cukup menginstall salah satu plugin saja, jangan anda fikir bahwa menginstall 2 plugin yang memiliki fungsi sama akan memperhebat blog wordpress anda, malah ini bisa berdampak buruk terhadap seo blog anda. Karena dengan menginstall 2 plugin tersebut maka blog anda akan memiliki 2 meta deskripsi dan meta keyword (1 dari All In One SEO Pack dan 1 nya dari Platinum SEO Plugin), sedangkan idealnya kita cukup memiliki 1 meta deskripsi dan meta keyword saja.

Selain 2 plugin di atas masih ada plugin wordpress lainnya yang memiliki fungsi sama dengan plugin all In one SEO pack dan platinum SEO plugin, jadi sebelum install plugin sebaiknya baca dulu apa fungsi plugin tersebut.

Oh ia, perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua plugin wordpress bisa di download dan di gunakan secara gratis, misalnya plugin seo boster pro, all In one SEO pack pro, dsb.

Plugin untuk membuat sitemap/peta situs blog wordpress kita secara otomatis

  1. Google (XML) SiteMap Generator

  2. Sitemap Generator Plugin
Kedua plugin di atas juga memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mebuat sitemap/peta situs untuk blog wordpress kita secara otomatis. Jadi anda cukup menginstall salah satu saja.

Plugin Untuk Bisnis / Cari Uang


Selain plugin seo wordpress juga memiliki plugin untuk keperluan bisnis online atau cari uang.

Berikut beberapa plugin yang bisa di gunakan untuk bisnis atau cari uang:

  1. Adsense Now!. plugin ini mempermudah kita dalam berbisnis adsense, dengan menggunakan plugin ini kita bisa dengan mudah mengatur berapa iklan yang ingin kita tampilkan perhalaman (maksimal 3) tanpa perlu memasukkan script adsense di setiap halaman blog wordpress kita.

  2. EasyPayPal. plugin ini bisa kita gunakan jika kita menjual sebuah produk dengan menggunakan metode pembayaran melalui PayPal, kita bisa dengan mudah memasang tombol Buy Now.

  3. WP-eCommerce. Plugin ini adalah plugin yang bisa di gunakan untuk membuat toko online menggunakan wordpress, ada banyak metode pembayaran yang bisa terapkan, misalnya pembayaran dengan paypal, bank transfer, dsb. juga ada fasilitas Shopping Chart nya lho.

Plugin Wordpress Lainnya.

Masih ada banyak plugin wordpress lainnya yang bisa kita gunakan.

Berikut beberapa plugin wordpress lainnya yang bisa di gunakan untuk mempercantik blog wordpress anda.

  1. WP-Page Navi. Plugin ini gunanya untuk menampilkan tombol navigasi halaman, jika anda pernah melihat di home blog milik orang lain ada tombol "1,2,3...next" dan jika di klik maka kita akan di bawa ke halaman 2 dari index blog tersebut maka itulah fungsi plugin ini.
  2. Contact Form 7, Fungsinya adalah untuk mempermudah kita dalam membuat halaman kontak, kita cukup memasang sedikit kode di halaman kontak tersebut.
  3. ShareThis. Adalah plugin social bookmarking, jadi pengunjung bisa dengan mudah menyebarkan artikel kita melalui situs jejaringan sosial atau social bookmarking.
  4. Akismet. Plugin yang berguna untuk menghindari komentar spam di blog kita.
  5. WordPress Stats. Plugin yang berguna untuk mengetahui statistik kunjungan blog kita (hanya bisa di lihat di dashboard blog wordpress kita saja), selain mengetahui jumlah pengunjung per hari, kita juga bisa tahu dari mana datangnya kunjungan tersebut. Tidak semua kunjungan datang dari search engine, bisa saja datang dari blog yang mengkopi paste artikel kita (Kalau menyertakan sumber/link kredit masih bagus, tapi ternyata ada saja yang tidak mau menyertakan sumbernya)
Nah itulah beberapa plugin wordpress yang perlu kita install, masih ada banyak plugin wordpress lainnya yang memiliki fungsi berbeda, namun ada beberapa plugin wordpress yang berbeda nama namun fungsinya hampir sama.

9 comments:

  1. Luar biasa, artikelnya mantap banget pak, bisa nambah ilmu saya tentang SEO, tapi tetap aja saya ndak ngerti2..hehe masih newbie banget nih, mudah2n saya bisa dapetin banyak ilmu di sini. numpang belajar ya pak…

    Pak Sekalian Review Blog Baru Saya Donk Ini Alamatnya: http://hpcartridgerefills.com

    Atas Bantuanya Makasih ya Pak..

    Salam kenal dan Salam Sukses...

    ReplyDelete
  2. Komentarnya terlalu luar biasa. Oh ia, nanti juga mas akan ngerti sendiri, selain itu tulisan ini cuma ingin berbagi saja kalau banyak plugin wordpress yang memiliki fungsi sama. Jadi tidak terfokus pada SEO saja.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal.
    Blog bagus, materi bagus. Sayang saya tidak mampu mengikuti....
    Ijin membaca, belajar dan bertanya.

    ReplyDelete
  4. thanks buat infonya... ngomong2 gimana cara install plugin2 itu??
    nice post...

    ReplyDelete
  5. Bos makasih ya infonya...mantapz abis...

    ReplyDelete
  6. makasih gan buat infonya. BTW nanya dikit utk plugin e comerce apakah bisa digunakan pada share hosting?

    ReplyDelete
  7. Plugin e comerce bisa aja digunakan pada share hosting, tapi untuk lebih jelasnya silakan tanya pada penyedia hosting tersebut

    ReplyDelete
  8. manjur gan setelah saya praktekin step by step pengunjung blog saya mulai bertambah...

    ReplyDelete