Cara Mempercepat Loading Blog atau Situs

Kenapa ya loading blog atau situs saya lambat?...

Mungkin anda pernah bertanya-tanya kenapa kok loading blog/situs saya lambat ya.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kecepatan loading weblog kita, di antaranya template yang kita pakai, aksesoris yang kita pasang di situs/blog, dsb.

Lalu kalau loading situs/blog kita lambat apakah ada dampaknya terhadap situs/blog kita tersebut?...

Kalau menurut saya kecepatan loading situs/blog itu memiliki pengaruh yang cukup fatal, dan ini berhubungan dengan pengunjung situs kita, jadi dampaknya lebih mengarah ke kunjungan. Karena tidak semua orang mau sabar nunggu sampai situs kita terbuka, apalagi loadingnya lambat banget, bisa-bisa calon pengunjung situs kita tadi kabur dan mencari situs atau blog lain yang loadingnya cepat.

Kira-kira bagaimana pendapat anda tentang ini?...

Mungkin jika anda yang menjadi pengunjung situs yang loadingnya lambat anda juga akan melakukan hal yang sama, ia kan?... Kecuali informasi yang anda di situs tersebut sangat penting banget dan di situs lain tidak ada info tersebut.... Tapi yang namanya dunia online (Internet) tidak sedikit informasi serupa (sama) yang di tulis di situs lain.

Ok... lalu bagaimana cara mempercepat loading situs kita?

Berikut beberapa tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading situs atau blog kita:



  1. Pilihlah template yang loadingnya cepat. Sebaiknya sebelum template tersebut di download lihat dulu demonya, ini juga akan meyakinkan anda apakah template tersebut sempurna (sesuai dengan gambarnya), karena tidak sedikit template yang hasilnya tidak sama dengan gambar template yang di perlihatkan, bisa kurang gambarnya (gambarnya ga tampil ketika kita lihat demonya), dsb.

  2. Simpan gambar yang akan anda masukkan di postingan blog ke hosting lain, anda bisa menemukan banyak situs yang menyediakan hosting untuk gambar secara gratis, misalnya imageshack.us dsb.

  3. Pasang aksesoris blog seadanya saja, jangan pasang aksesoris yang tidak penting ke situs/blog kita.

  4. Gunakan template yang menggunakan html dan css (untuk template situs) dan minimalkan css tersebut.

  5. Jangan terlalu banyak memakai Java Script (Js), jika anda menggunakan blogger usahakan jangan menggunakan js default (yang sudah di simpan di hosting maksudnya), karena biasanya js default ini di pakai oleh banyak orang, solusinya simpan saja js tersebut di hosting kita sendiri, ada banyak kok hosting gratisan yang bisa kita gunakan untuk menyimpan Java Script (Js).


Nah itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempercepat loading situs/blog. Saya yakin masih ada cara lain yang bisa kita lakukan dan jika anda memiliki cara lain silahkan tambahkan saja dengan memberikan komentar.

7 comments:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat... saya coba praktekin dulu soalnya load blog saya kayak siput ...

    ReplyDelete
  2. gan terima kasih setelah saya praktekin step by step situs saya sekarang lumayan ngebut... very recomended article... terus semangat ngasih info buat kami kami para newbie yah gan

    ReplyDelete
  3. sama-sama gan. makasih juga atas kunjungannya

    ReplyDelete
  4. Mas tolong komentarnya mengenai blog saya ! Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  5. komentar yang gimana ya? :-)
    Blognya sudah bagus, loadingnya juga cepat kok

    ReplyDelete
  6. bisa juga dari segi koneksi internet, seperti saya ini kalau buka dari rumah lemot abis tapi kalau buka dari warnet (koneksinya gak lemot) atau biasanya dari kampus cepet bangat.. kalau menurut mas rifai gimana loading blog saya soalnya baru ganti template?

    ReplyDelete
  7. ini die artikel yg ane cari-cari..
    thanks, tips nye berguna buat saya yang baru bikin blog..

    ReplyDelete